Bagaimana Cara Cek Traffic Website?

Apakah Anda ingin mengetahui berapa banyak kunjungan website Anda? Dengan menganalisa kunjungan website, Anda dapat melihat seberapa baik kinerja website.
Data traffic website menunjukkan dari mana asal pengunjung, bagaimana pengunjung terlibat dengan website dan penentuan strategi pemasaran digital.
Jika ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan email, lebih banyak penjualan untuk toko online, atau lebih banyak traffic secara keseluruhan, maka Anda perlu memeriksa analitik website secara teratur.
Dengan melacak traffic website, Anda akan mengetahui posisi website saat ini dan langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkannya.
1. Google Analytics
Google Analytics menyediakan laporan ekstensif yang dapat Anda gunakan untuk melacak sumber traffic dan perilaku pengguna di website Anda.
Melihat karakteristik demografis pengunjung seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan bagaimana mereka menemukan website Anda.
Untuk menggunakan Google Analytics, Anda perlu menambahkan kode pelacakan sederhana ke website Anda. Jika Anda mrnggunakan WordPress, terdapat plugin yang tersedia untuk mempermudah prosesnya.
2. Google Search Console
Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang memungkinkan Anda menganalisis traffic website dari hasil pencarian di Google.
Menampilkan jumlah tayangan, klik, rasio klik-tayang (CTR), dan posisi rata-rata kata kunci Anda di mesin pencari.
Google Search Console membantu untuk memahami kata kunci apa yang memiliki peringkat dan berapa banyak volume pencarian yang dihasilkan. Informasi ini dapat membantu Anda meningkatkan traffic.
Misalnya, jika ternyata artikel website berada di rangking 11, maka Anda dapat mengoptimalkan postingan blog tersebut hingga halaman pertama.
Anda juga dapat melihat halaman mana yang diindeks, belum diindex, error, dan banyak lagi.
3. SEMRush
SEMRush adalah rangkaian lengkap solusi pemasaran untuk bisnis online. Platform ini menawarkan fitur mulai analisis backlink, perencanaan konten, audit SEO dan pelacakan peringkat website.
Jika Anda ingin mencoba SEMRush, Anda dapat mencobanya gratis selama 14 hari.
4. UberSuggest
Ubersuggest adalah solusi SEO yang dirancang untuk membantu riset kata kunci, merencanakan pemasaran konten, dan cek traffic website Anda.
Mudah digunakan dan antarmuka dibuat untuk pemula. Jika Anda belum pernah melakukan penelitian kata kunci atau analisis traffic sebelumnya, alat ini membuatnya sangat sederhana.
5. Ahrefs
Ahrefs adalah salah satu alat SEO paling populer di pasar yang dipercaya oleh merek seperti Netflix, Uber, dan Facebook. Ahrefs membantu Anda melihat berapa banyak traffic yang diperoleh website Anda.
Ahrefs menjelajah lebih dari 6 miliar halaman website setiap hari, dengan lebih dari 200 juta website dalam indeksnya. Memberikan Anda wawasan untuk mendapatkan lebih banyak traffic.
Tampilan antarmuka sangat sederhana dan ramah pengguna. Cukup masukkan URL website pada kolom pencarian dan alat ini akan menampilkan semua informasi website yang tersedia.
Laporan ikhtisar penelusuran memberi Anda ikhtisar tentang traffic website penelusuran organik, otoritas domain, pesaing, dan banyak lagi.
Kesimpulan
Mengecek traffic website dapat memberi Anda wawasan tentang target market dan langkah apa yang dapat dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak mendatangkan traffic website. Selain itu, memberikan Anda gambaran apakah strategi digital marketing (SEO, SEM, SMM) Anda sudah bekerja dengan baik.